Rabu, 01 Mei 2013

Tepok Nyamuk, Pocong Kabooor

Ijinkan saya memulai hari ini dengan salam, “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”. Jawab dong. InsyaAlloh dapet pahala :D

Saya melihat fenomena dimana kita pernah keadaan menghiperboliskan setiap yang kita alami. Dan proses ini hanya dialami manusia Indonesia. Proses tersebut adalah menjadi ALAY. *bingung cari istilah, comot bae yang ada :p
"Huh cepat atau lambat aku pasti mneguasai hartanya" _photo by google

Ada masa dimana, kita (dalam hal ini saya) ngerasa jadi anaknya Lely Sagita dalam kehidupan sehari-hari.  You know Lely sagita? itu emak-emak galak, di sinetron Tersanjung sama Ratapan Anak Tiri. Matanya mendelik terus kaya abis nelen kucing kurap.

Oke, oke selow aja men. Ga usah pake otot gitu dibilang anak tiri. *diiih sendiri yang nulis

Jadi begini ya. Alhamdulillah saya bukan anak tiri. Saya anak kandung dari seorang bapak unyu dan seorang ibu cakep. Kalo dibilang si saya ini Indonesia banget. Bapak Wates, Jogja en the ibu Purwokerto. Tapi temen saya bilang saya blasteran oncom ama bengkoang jadi somplak. *menjurus ke miring

But, that’s ok. It’s me and I love cireng. Ada keadaan, dimana tanpa sebab musabab saya merasa sendiri, minder dan ujung-ujungnya menyalahkan orang lain. Merasa didzolimi oleh keadaan. *astaghfirulloh maafkan saya menyalahkan keadaan ya Alloh 

Gini, terkadang keluar perasaan, “kayanya aku udah ngelakuin bener tapi kok dibilang salah?”. atau “Ortu kok gitu ya. Lebih sayang adik daripada aku.” Atau “kok si ini disenyumin jutek banget. udah untung disenyumin bukan ditumbalin ke bencong.” Atau “ni ujian gampang banget soalnya. gampang buat dirobek.”

Dan yang lebih heboh ketika punya pacar. Misalnya gini, yang baru jadian beberapa bulan, atau mau setahun atau lebih lama lagi. Dari waktu-waktu itu yang tumbuh adalah rasa cinta >o<  dan ke-ALAY-an.

Rasa cinta ya gitulah. Baca aja Khalil Gibran atau novel cinta-cintaan. Nah ke-ALAY-an ini yang menarik. Misal gini “iiiih BBM aku cuma di read doang :( .” Atau “iiiih sms aku ga dibales.” Bisa juga “kok ditelfon malah mati, jangan2 dia lagi ngelaba.”

Atau gini “sibuk banget si? sampe2 ga bisa nanya apa barang sebentar aja ama aku. kan BBM/ sms cuma butuh waktu bentar. aku mikirin kamu tapi kamu gitu. ga pernah mikirin aku.”

Bisa lagi, “mending capek kerja daripada capek mikirin kamu”. Kalo gitu brarti mending jadi buruh daripada patah hati *siap demo


Hal-hal tersebut bisa dibilang suudzon dalam berhubungan. Jangan dong. Mungkin si pacar lagi mau ujian, lagi di jalan, belanja ke pasar beli tempe atau lagi kerja bagi yang sudah bekerja. Mungkin si pacar sedang sibuk.*lirik mas pacar, awas lu -___-

Analogi ngawurnya gini. Ada keadaan dimana, “Apa gw harus jadi Indomie, biar gw jadi selera lu?” Setiap kita akan ada keinginan (meski kecil banget, sekecil upil cacing) untuk menjadi apa yang orang lain lihat.

Nah keadaan tersebut dialami oleh setiap orang *analisis ngawur lagi. Anak kecil, anak gede, anak ibu, bapak-bapak, ibu-ibu, remaja, mahasiswa, tua, muda, laki, cewe, orang yang udah kerja dan orang yang belum kerja.

Awalnya semangatmu membara. Tapi ketika dieksekusi, pelan-pelan kamu merasa tidak bersemangat. Seperti ada yang membisikimu dengan kalimat-kalimat yang membuat pesimis, ragu dan mengancam rasa amanmu.

Menurut Seth Godin, pengarang buku Linchpin, ada bagian otak yang bertugas untuk merespon rasa takut, marah dan nilai-nilai negatif. Bagian tubuh ini namanya otak kadal. Hal ini bukan sekedar konsep, tapi nyata di otak kita masing-masing. Dalam ilmu biologi, dia disebut sebagai amygdale.
photo by google

Otak kadal selalu berusaha mengajak kita untuk bertahan hidup. Jika ada yang mengganggu, missal nyamuk, kita akan menghancurkan dia sampai mati. Namun, jika ada lawan yang lebih mengerikan, missal……..POCONG. Mending kabur. Otak kita merespon untuk menyuruh kita lari terbirit-birit.

Dalam keadaan emergency, otak kadal berperan menjadi panglimanya. dia dapat secara cepat menginstruksikan kita untuk melawan atau kabur dari masalah.

Dialah alasan kenapa kita selalu takut untuk berbuat hal baru. Sukanya yang aman-aman saja. Status quo adalah idolanya. dia adalah hakim yang selalu memutuskan untuk menolak konsep segar.

Sadar tidak, ketika kita sedang berpikir, kita merasa ada yang sedang berdiskusi di dalam otak kita? Nah rekan diskusi kita yang paling dominan itu adalah si otak kadal.

Ketika muncul ide baru, si kadal langsung merespon dengan bertanya. Yakin lw? Sudah jangan cari masalah, diam aja! Si kadal akan semaksimal mungkin agar pemikiran baru yang segar itu tidak terealisasi.

Sebenarnya bagian otak yang senang menerima pemikiran kreatif adalah neocortex. Sayangnya neocortex bagaikan Muda Praja ngadepin seniornya. *IPDN mode on
photo by google

Kalah garang sama kadal yang lebih senior. Neocortex tidak berdaya menghadapi pertahanan solid si kadal dalam menghadapi ide-ide segar itu.

Istilahnya move on aja dibuat susah sama si kadal.
Tidak ada pilihan lain. Untuk menjadi orang yang move on, kreatif, tidak ada cara lain selain melawan pertahanan si kadal. Tapi si kadal ga bisa dimatiin, dia kebal, akan ada sampai kita meninggal. kita hanya bisa membuat si kadal pingsan. Dan pemikiran yang kreatif itu akan terealisasi ketika si kadal pingsan.

Tapiiiiii, si kadal songong juga emang. Dia punya kesaktian yang bisa meluluhlantakkan kita. Si kadal punya kesaktian untuk mempengaruhi kita menunda-nunda pekerjaan. Dia sangat terobsesi dengan hal-hal yang detail, suka mengkritik berlebihan, menciptakan kecemasan dan pandai untuk mencari-cari alasan. ide akan perlahan-lahan lenyap jika kesaktian itu terus menyerang kita.

Si kadal emang kaya Mak Erot yang sudah terkenal dan “terbukti” kesaktiannya. *maaak ngapa lu bahas Mak Erot -___-“

Si kadal emang ampuh kesaktiannya. Dia sudah berpengalaman selama peradaban manusia. Ya ratusan juta tahun lebih.

photo by google
Kita ga bisa gitu aja nyerah . Ada senjata yang wajib kita miliki untuk menghadapi si kadal. Kata Mas Wahyu Aditya si pendiri Hellomotion, senjata itu adalah…

1.    Mengizinkan ide yang dianggap buruk oleh kadal untuk masuk. anggap bahwa tidak ada apa-apa jika mendapatkan ide buruk. itu hal yang wajar
2.    Sebisa mungkin tidak ada Plan B dalam sebuah ide. Jangan biarkan si kadal memilih.
3.    Latih dirimu untuk memiliki pola berpikir yang berlawanan dengan si kadal.
4.    Rangkul kegagalan sebagai pengalaman dalam belajar
5.    Jangan membuat berbagai macam alasan.

Mari berjuang kawan! Mari kita perjuangkan nasib rakyat Indonesia dari si kadal ini. Meskipun hari ini bertepatan dengan Hari Buruh. Janganlah berpikiran bahwa kita buruh. 

Tulisan ini tidak bermaksud untuk mengintimidasi atau menyinggung orang. Dan saya nulis ini karena abis baca bukunya Mas Wahyu Aditya dan ingin berbagai dengan yang belum baca bukunya. Semoga Mas Wahyu Aditya berkenan berbagi ilmunya :D







Tidak ada komentar:

Posting Komentar